Aku hidup dalam kebohongan… nama asliku bukan Mo Farah dan aku diperdagangkan di sini setelah ayahku terbunuh di Somalia

Aku hidup dalam kebohongan… nama asliku bukan Mo Farah dan aku diperdagangkan di sini setelah ayahku terbunuh di Somalia

SIR Mo Farah mengungkapkan bahwa dia telah menyembunyikan kebenaran tentang hidupnya selama beberapa dekade – dan bahkan namanya pun tidak asli.

Juara Olimpiade empat kali, 39, dengan berani mengakui bahwa dia mengarang detail penting tentang kepindahan ke Inggris.

9

Juara Olimpiade empat kali Sir Mo Farah mengungkapkan bahwa dia hidup dalam kebohongan karena takut kehilangan kewarganegaraan InggrisnyaKredit: Kolam Olimpiade
Legenda lari, nama asli Hussein Abdi Kahin, mengaku mengarang detail penting tentang kepindahannya ke Inggris (digambarkan bersatu kembali dengan ibunya setelah puluhan tahun).

9

Legenda lari, bernama asli Hussein Abdi Kahin, mengakui bahwa dia mengarang rincian penting tentang kepindahannya ke Inggris (digambarkan bersatu kembali dengan ibunya setelah beberapa dekade)Kredit: BBC

Dia sebelumnya mengaku pernah bergabung dengan ayahnya, namun dia terbunuh dalam perang saudara Somalia.

Sir Mo – nama asli Hussein Abdi Kahin – menceritakan sebuah film dokumenter TV bahwa dia diperdagangkan ke sini untuk bekerja sebagai pembantu.

Legenda lari ini takut kehilangan kewarganegaraan Inggrisnya.

Pagi ini, juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan: “Tidak ada tindakan apa pun yang akan diambil terhadap Sir Mo dan menyarankan sebaliknya adalah tidak benar.”

'Saya tidak pernah cukup baik' - Sir Mo Farah mengungkapkan penyesalan sebelum berkarir
Mo Farah bisa 'merasakan' saat kembar identiknya mengalami masa sulit di Somalia

Ayah tiga anak yang sudah menikah dengan berani mengakui: “Ada sesuatu tentang saya yang tidak Anda ketahui. Itu rahasia yang saya sembunyikan sejak kecil.

“Aku sudah lama menahannya, sulit karena kamu tidak mau menghadapinya. Anak-anak saya sering bertanya – ‘Ayah, mengapa demikian?’ Dan Anda selalu punya jawaban untuk segalanya, tapi Anda tidak punya jawaban untuk itu.

“Itulah alasan utama menceritakan kisahku, karena aku ingin merasa normal dan tidak merasa seperti sedang berpegang pada sesuatu.

“Untuk menghadapinya dan membicarakan fakta, bagaimana itu terjadi, mengapa itu terjadi, itu sulit. Sebenarnya aku bukanlah seperti yang kamu kira. Dan sekarang berapa pun biayanya, saya harus menceritakan kisah nyata saya.”

Pengungkapan hal ini terungkap dalam film dokumenter BBC1 baru yang mengejutkan, The Real Mo Farah, yang tayang besok malam.

Di dalamnya, Sir Mo – yang telah memutuskan untuk tetap menggunakan identitas aslinya – khawatir ia akan dicabut kewarganegaraan Inggrisnya karena memberikan rincian palsu dalam lamarannya.

Legenda Olimpiade 2012 yang dianugerahi gelar bangsawan lima tahun lalu ini selalu menegaskan bahwa ayahnya adalah seorang konsultan IT bernama Muktar yang lahir dan besar di London.

Dia mengklaim ayahnya kemudian pindah ke Mogadishu dan bertemu ibunya sebelum kembali ke Inggris, diikuti oleh putranya ketika perang saudara di Somalia semakin mendalam.

Namun, ayahnya sebenarnya adalah seorang petani bernama Abdi yang tewas dalam konflik saat putranya berusia empat tahun. Ibunya, Aisha, kemudian mengirimnya ke negara tetangga Djibouti demi keselamatannya.

Dia ingin dia bertemu kembali dengan saudara kembarnya Hassan. Sebaliknya, salah satu anggota keluarganya mungkin telah membantu menyelundupkannya ke Inggris, melalui seorang wanita misterius.

Dia berkata: “Hal tersulit adalah mengakui pada diri sendiri bahwa seseorang dari keluarga saya mungkin terlibat dalam perdagangan saya.”

Sang juara mengungkapkan semuanya dalam film dokumenter baru BBC1, termasuk bagaimana dia berbohong tentang namanya ketika ayahnya terbunuh dalam perang saudara Somalia

9

Sang juara mengungkapkan semuanya dalam film dokumenter baru BBC1, termasuk bagaimana dia berbohong tentang namanya ketika ayahnya terbunuh dalam perang saudara SomaliaKredit: NewsPics
Harta nasional mengatakan 'Sebenarnya saya bukan seperti yang Anda pikirkan' saat dia membuka tentang perdagangan ilegal di Inggris untuk bekerja sebagai pembantu

9

Harta nasional mengatakan ‘Sebenarnya saya tidak seperti yang Anda pikirkan’ saat dia membuka tentang perdagangan ilegal di Inggris untuk bekerja sebagai pembantu rumah tanggaKredit: AFP
Di dermaga, Sir Mo melakukan percakapan mengharukan dengan Mohamed Farah yang asli

9

Di dermaga, Sir Mo melakukan percakapan mengharukan dengan Mohamed Farah yang asli

‘Tembakan Bazooka’

Ketika dia tiba, pada usia delapan tahun, dia mengatakan kepadanya bahwa dia sekarang dipanggil Mo Farah dan harus menjaga keluarganya dengan imbalan diberi makan.

Dengan menggunakan nama palsu inilah dia mengajukan permohonan kewarganegaraan Inggris – dan dengan mengakuinya sekarang, dia membahayakan status kewarganegaraannya.

Namun, ikon lari jarak jauh – menikah dengan Tania, dengan gadis kembar berusia sembilan tahun, Aisha dan Amani, ditambah putra Hussein, enam – bertekad untuk menemukan akhir dari kariernya.

Selama sebagian besar masa kecil dan remajanya, dia tidak melihat keluarga kandungnya, yang “tercabik-cabik” oleh kematian ayahnya.

Dia berkata: “Ayah saya pergi untuk menjaga ternak dan tidak pernah kembali. Karena perang saudara yang terjadi antara Utara dan Selatan, ada banyak orang yang berperang di tempat dia berada.

“Ada tembakan bazooka besar-besaran. Benda itu menghantam tanah dan terbang berkeping-keping dan satu bagian mengenai kepalanya dan langsung, dari kepala ke sana. Bagi saya, hal tersulit hingga hari ini adalah, saya bahkan tidak tahu seperti apa rupanya.”

Film dokumenter itu menyertakan klip dirinya Pertunjukan Jonathan Ross mengingat betapa senangnya dia bertemu ayahnya ketika dia pertama kali tiba di London. Tapi dia sebenarnya dibawa oleh wanita misterius itu ke keluarganya di Isleworth, London Barat, di mana dia dipaksa bekerja untuk mereka.

Karena sangat tidak bahagia, dia akhirnya mengumpulkan keberanian untuk memberi tahu guru sekolahnya, dan layanan sosial turun tangan. Dia akhirnya dirawat oleh seorang wanita Somalia, Kinsi, selama tujuh tahun.

Ayah saya pergi menggembalakan ternak dan tidak pernah kembali.

Mo Farah

Dalam pertunjukan itu, dia mengenang bagaimana dia merasa harus menyelamatkannya dengan menyamar sebagai bibinya. Dia berkata: “Kamu tidak bahagia. kamu menangis Kemudian saya mencoba mencari tahu apa yang terjadi dengan Anda. Nona, dia selalu membuatmu melakukan pekerjaan rumah, memiliki anak, memberi mereka susu, mengganti popok, dan semua hal ini.”

Dia menambahkan tentang wanita misterius itu, “Dia tidak menjadikanmu sebagai manusia.”

Kinsi adalah bibi dari Mohamed Farah yang asli. Dia dan Mo menghubungi keponakannya saat film dokumenter itu sedang dibuat.

Dalam obrolan mengharukan, Sir Mo berkata: “Saya tidak percaya saya sedang berbicara dengan Anda. Saya membawa nama Anda dan selama bertahun-tahun saya telah membawanya bersama saya dan saya bangga bahwa Anda tahu apa yang telah saya capai.

“Tetapi sebagai pribadi, saya selalu bertanya-tanya di mana Mohamed berada, apakah dia baik-baik saja, seperti apa kehidupannya nanti? Aku memikirkanmu sepanjang waktu.”

Farah mengatakan dia belum menikah dan tidak punya anak, tapi dia menonton acara yang namanya sama di TV. Dia mengatakan dia akan “senang” datang ke Inggris dan bertemu Sir Mo.

Meskipun orang tua dan saudara laki-lakinya tidak pernah meninggalkan pikirannya sebagai seorang anak, Mo akhirnya menemukan semacam stabilitas berkat keluarga angkatnya. Dia kemudian dapat memupuk kemampuan alaminya untuk berlari di Feltham Community College di Hounslow, London Barat.

Namun, rintangan besar datang ketika pada usia 14 tahun ia terpilih untuk bersaing di sekolah bahasa Inggris di Latvia. Guru olahraganya, Alan Watkinson, berkata: “Tidak begitu jelas apa status imigrasi Mo. Anda tahu, dia tidak memiliki dokumentasi yang dia perlukan untuk bepergian.

“Jadi, kami memulai proses itu untuk memberinya kewarganegaraan Inggris sebagai Mohamed Farah. Membawa Mo ke titik di mana Anda tahu dia memiliki kewarganegaraan Inggris adalah proses yang cukup panjang.”

Saat karir atletiknya meningkat sekitar tahun 2000, dia menerima berita mengejutkan tentang keluarganya di kampung halaman. Seorang pelanggan di sebuah restoran Somalia tempat dia bekerja mengatakan kepadanya bahwa dia baru saja melihat ibunya. Sir Mo mengenang: “Saya berpikir, ‘Apakah kamu melihat ibu saya? Apakah dia masih hidup?’ Dan dia seperti, ‘Ya, dia masih hidup. Ini gambarnya, jadi kalau tidak percaya’. Dan kemudian dia berkata: ‘Lihat ini kaset untukmu’.

“Itu bukan hanya sebuah band, itu lebih merupakan suara dan kemudian menyanyikan lagu-lagu sedih seperti puisi atau seperti lagu tradisional, Anda tahu. Dan saya akan mendengarkannya selama berhari-hari, berminggu-minggu. Sisi pita itu memiliki nomor di atasnya dan kemudian di atasnya tertulis, ‘Jika itu mengganggu Anda atau membuat Anda bermasalah, tinggalkan saja. Anda tidak perlu menghubungi saya’. Dan saya menjawab, ‘Tentu saja saya ingin menghubungi Anda.’ Saat itulah aku menelepon ibuku untuk pertama kalinya.”

Setibanya di usia delapan tahun, seorang wanita misterius memberi tahu dia bahwa dia sekarang dipanggil Mo Farah dan harus menjaga keluarganya dengan imbalan diberi makan.

9

Setibanya di usia delapan tahun, seorang wanita misterius memberi tahu dia bahwa dia sekarang dipanggil Mo Farah dan harus menjaga keluarganya dengan imbalan diberi makan.Kredit: Tidak diketahui, jelas dengan meja bergambar
Ayah tiga anak yang sudah menikah, bersama Tania, bertekad untuk menemukan jawabannya saat dia mengatakan 'Ini adalah rahasia yang saya sembunyikan sejak saya masih kecil'

9

Ayah tiga anak yang sudah menikah, bersama Tania, bertekad untuk menemukan jawabannya saat dia mengatakan ‘Ini adalah rahasia yang saya sembunyikan sejak saya masih kecil’Kredit: PA: Asosiasi Pers
Sir Mo khawatir kewarganegaraan Inggrisnya akan dicabut karena memberikan rincian palsu dalam lamarannya

9

Sir Mo khawatir dia akan dicabut kewarganegaraan Inggrisnya karena memberikan rincian palsu dalam lamarannyaKredit: Kolam Olimpiade
Real Mo Farah, BBC1, besok, jam 9 malam

9

The Real Mo Farah, BBC1, besok, jam 9 malamKredit: BBC

Film dokumenter itu kemudian pindah ke Somalia di mana Aisha mengungkapkan: “Ketika saya mendengarnya, saya ingin melempar telepon ke lantai dan dibawa kepadanya dari semua kegembiraan yang saya rasakan.”

Dalam sebuah perjalanan emosional, Mo dan putranya Hussein kembali ke kampung halamannya dan melihat makam ayahnya.

Ibunya berkata: “Seumur hidup saya, saya tidak pernah berpikir saya akan melihat Anda atau anak-anak Anda hidup. Kami tinggal di tempat yang tidak ada apa-apa, tidak ada ternak, dan tanahnya rusak. Kami semua mengira kami akan mati. ‘Boom, boom, boom’ hanya itu yang kami dengar. Aku mengirimmu pergi karena perang.”

Ia berkata bahwa mereka diberitahu bahwa mereka semua akan pergi bersama, namun ia mengenang: “Saat saya bangun, kamu sudah pergi. Saya bertanya-tanya mengapa mereka meninggalkan saya malam itu.”

Hanya aku. Saya tidak tahu bagaimana semua orang akan melihatnya. Kini aku mulai memahami diriku sendiri. Saya, bukan Muhammad.

Mo Farah

Dalam film dokumenter tersebut dia juga mengetahui bahwa Mo Farah yang asli adalah anak tiri dari wanita yang membawanya ke Inggris. Dia menjadi emosional saat melihat senama yang belum pernah ke Inggris. Sir Mo berkata: “Saya selalu bertanya-tanya: ‘Di mana Mohamed? apakah dia benar Seperti apa kehidupannya nanti?’”

Latar belakang sebenarnya Sir Mo menjadi lebih sulit untuk disembunyikan setelah tindakan heroiknya pada tahun 2012. Dia berkata: “Hal tersulit bagi saya adalah tidak jujur.”

Namun dia menambahkan: “Saya merasa ada sesuatu yang terangkat dari pundak saya.

Penggemar B&M menjadi liar karena perlengkapan berkebun senilai £12 yang dapat dipindai hanya dengan 10p
Jacqueline Jossa dari EastEnders bersantai bersama keluarga dan pergi ke pantai dengan pakaian renang
Pembatasan akibat Covid dapat KEMBALI dengan diberlakukannya kembali masker wajah, menteri memperingatkan
Saya rata-rata dan saya menemukan jeans musim panas yang sempurna di Primark - harganya £15

“Tapi itu hanya saya. Saya tidak tahu bagaimana semua orang akan melihatnya. Sekarang saya mulai memahami saya. Saya, bukan Mohamed.”

  • THE Real Mo Farah, BBC1, besok, jam 9 malam.

TAKUT TENTANG KEWARGANEGARAAN

SIR Mo terlihat dalam film dokumenter bersama istrinya Tania mendapatkan nasihat hukum tentang dilema kewarganegaraannya.

Pengacara Allan Briddock mengatakan kepadanya bahwa tampaknya “pernyataan palsu dibuat”, menambahkan: “Jadi ada kekuatan hukum untuk mencabut kewarganegaraan Inggris Anda.”

Namun, dia mengatakan kepadanya bahwa risikonya berkurang karena “sebagai anak yang masih sangat kecil Anda sendiri berkewajiban untuk menjaga anak dan pada dasarnya menjadi pembantu rumah tangga”.

Dia juga mengatakan Mo memberi tahu pihak berwenang, “Itu bukan nama saya.”

Namun dia menambahkan: “Kami tidak memiliki bola kristal. Jadi kami ingin benar-benar jelas bahwa meskipun kami pikir ini adalah risiko kecil, ada risiko nyata bahwa inilah yang akan terjadi.”


sbobet